S1 Teknik Industri STTS

5A, Konsep Menarik Customer yang Anak Teknik Industri Harus Tau !

Anak Teknik Industri ga hanya belajar produksi, tata letak, atau pengendalian mutu aja loh guyss. Tapi akan belajar keseluruhan proses dalam sebuah kegiatan industri yang terjadi di suatu perusahaan Salah satunya adalah memahami konsep marketing yang dikenal dengan konsep Customer Path atau 5A. Untuk mengetahui tahapan dari 5A ini, yuk simak dibawah !

  • Awareness
    Tahap pertama adalah awareness atau kesadaran, di mana seorang konsumen sadar akan kehadiran produk atau bisnis yang kita miliki melalui iklan, unggahan di media sosial, atau mendapatkan informasi dari orang lain. Pada tahap ini, mereka mungkin belum siap untuk melakukan pembelian, tetapi tertarik dengan produk yang ditawarkan.
  • Appeal
    Tahap appeal atau banding, pada bagian ini konsumen sudah mengetahui produk secara sepintas. Maka perusahaan harus dapat meyakinkan konsumen dengan konten iklan yang menarik dan mendetail. Namun pada tahap ini konsumen akan membandingkan dengan produk lainnya.
  • Ask
    Tahap ketiga, konsumen akan mencari tahu tentang produk dan layanan suatu perusahaan.Mereka bisa bertanya langsung pada layanan konsumen atau mencari informasi di kolom-kolom testimoni. Untuk membantu mereka di tahap ini, pastikan kita melayani konsumen dengan ramah dan informatif.
  • Act
    Tahap act merupakan sebuah aksi, dimana calon konsumen sudah percaya dan melakukan order. Apabila pembelian yang dilakukan adalah yang pertama, ada kemungkinan konsumen kembali lagi atau tidak. Kalau tidak, maka perjalanan belanja konsumen akan cukup sampai di sini. Namun, bila iya, maka mereka akan melanjutkan ke tahapan terakhir dari strategi 5A ini.
  • Advocate
    Tahap terakhir bakal dilalui oleh konsumen yang merasa puas akan produk dan layanan yang diberikan. Dalam hal ini, mereka akan melakukan pembelian kedua dan seterusnya. Bukan itu saja, konsumen mungkin juga akan merekomendasikan produk kepada teman dan keluarga mereka.

Setiap industri memiliki customer path yang berbeda-beda: Gold FishDoor KnobTrumpet, dan Funnel. Namun berdasarkan konsep ‘WOW Brand’ ini, customer path yang paling ideal digambarkan sebagai bentuk Bow Tie karena memiliki nilai Awareness yang sama dengan nilai Advocate. 

Sebut saja dalam kategori consumer healthcare dengan sub kategori penghilang sakit/nyeri untuk Anak, ketika Panadol Anak menang secara awareness, namun Bodrexin mengungguli dalam nilai BAR. Sama halnya dalam kategori Penghilang Sakit/Nyeri bentuk Balsam/Cream/Gel, Geliga jauh mengungguli semua kompetitor dalam hal awareness, namun Counterpain menang sebagai brand yang WOW karena tingginya tingkat rekomendasi dibandingkan nilai awarenessnya.

Sedangkan dari industri otomotif, terdapat fakta bahwa konsumen menyerahkan sepenuhnya pada masing-masing diler untuk mengurus asuransi dan leasing sesuai kebutuhan masing-masing, meskipun ada pula yang memilihnya sendiri. Selain itu, sebagian konsumen hanya menentukan perusahaan leasing mana yang akan membantunya dalam melakukan pembelian, namun menyerahkan seluruhnya untuk pemilihan perusahaan asuransi, atau sebaliknya.


Open chat