S1 Teknik Industri STTS

Tips FRS-an anti gagal, supaya rencana studimu ga berantakan

Pengisian FRS merupakan salah satu hal krusial ketika mahasiswa akan memulai semesteran. Saat FRS-an, mahasiswa diwajibkan mengambil sejumlah SKS untuk semester depan. Biasanya jatah SKS akan ditentukan berdasarkan IPS yang dari semester sebelumnya.

FRS : Formulir Rencana Studi

SKS : Satuan Kredit Semester

IPS : Indeks Prestasi Sementara

Supaya perencanaan studi kamu tidak berantakan saat mengisi FRS yang cukup tricky ini, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba !

  • Perhatikan IP dan jumlah SKS yang akan diambil
    IP atau indeks prestasi akan menentukan berapa banyak SKS yang bisa kamu ambil dalam satu semester. Alasan kenapa kamu harus memperhatikan nilai IP-nya karena semakin tinggi nilai IP kamu, maka semakin banyak jumlah SKS yang bisa kamu ambil. Dan jangan lupa untuk mencatat SKS yang udah kamu pilih ya
  • Buatlah list mata kuliah yang wajib diambil
    Gak hanya mencatat jumlah SKS yang sudah diambil tapi mahasiswa juga harus mencatat mata kuliah yang wajib diambil. Pencatatan ini diwajibkan agar mahasiswa tahu mata kuliah yang sudah diambil. Sehingga bisa memperbaiki nilai yang kiranya perlu diperbaiki.
  • Perhatikan mata kuliah yang harus diperbaiki
    Kalau ada mata kuliah yang harus diulang, maka sebaiknya prioritaskan mata kuliah tersebut karena mata kuliah itu akan menjadi bahan pertimbangan untuk kelulusan nantinya. Jika tidak mengulang, bisa jadi tidak akan ada kesempatan untuk memperbaiki nilainya.
  • Konsultasikan dengan dosen
    Kalau menurut kamu mengisi FRS sangat sulit untuk seorang diri, maka kamu bisa mengkonsultasikannya dengan dosen atau pembimbing akademis. Dengan bantuan mereka, hal ini akan memudahkan kamu dalam menentukan kelas mana yang perlu kamu ambil dan memprioritaskan mata kuliah mana yang bisa mengejar nilai IP kamu lebih cepat.

Open chat