S1 Teknik Industri STTS

Waktu Berlalu Sangat Cepat ? Bumi Berputar Lebih Cepat !

Panjang normal hari atau satu kali rotasi perputaran bumi adalah 24 jam atau 86.400 detik. Namun beberapa waktu lalu, tepatnya 29 Juni 2022 bumi telah mencatat waktu terpendeknya dalam melakukan perputaran pada porosnya. Bumi berputar dan menghabiskan waktu 1.59 detik lebih cepat dari hari rata-rata.

Percepatan rotasi yang telah dicatat oleh bumi ini dilaporkan oleh Leonid Zotov, seorang ilmuwan di Sternberg Astronomical Institute of Lomonosov Moscow State University. Bumi berputar lebih cepat sejak 2016, dan pada tahun 2020 bumi memiliki 28 hari terpendek yang tercatat dalam 50 tahun terakhir.

Para ilmuwan di National Physical Laboratory di Inggris tidak sepenuhnya yakin tentang penyebab bumi berputar lebih cepat.
Namun beberapa faktor yang diduga terkait dengan fenomena ini yaitu :

1. Perubahan pada iklim atau sistem iklim
Perubahan iklim ini bervariasi, misalnya pencairan dan pembekuan gletser atau angin yang beratnya bergeser dan dapat menarik bumi.

2. Gempa bumi dan aktivitas seismik
Gempa bumi dan aktivitas seismik lainnya dapat menggerakkan massa menuju pusat bumi. Hal ini seperti orang yang berputar menarik lengannya ke dalam.

3. Gerakan inti cair bumi
Gerakan di dalam inti cair bumi kemungkinan dapat menggeser massa di planet ini.

4. Tekanan dasar laut
Sirkulasi laut dan tekanan di dasar laut yang menarik poros bumi. 

5. Chandler Wobble
Chandler Wobble adalah pergeseran alami poros bumi karena bentuk bumi yang tidak bulat sempurna. Sehingga dapat dikaitkan dengan kecepatan perputaran 

Dampak bumi berputar lebih cepat akibat percepatan rotasi ini disebut tidak berpengaruh pada kehidupan sehari-sehari. Namun demikian, kemungkinan ada implikasi serius untuk teknologi seperti GPS, telepon pintar, komputer, dan jaringan komunikasi, yang semuanya bergantung pada sistem waktu yang sangat akurat. Selama pemendekan hari tidak disebabkan oleh aktivitas manusia, maka tidak perlu khawatir atas fenomena Bumi berputar lebih cepat ini.

    

 


Open chat